Senin, 19 Oktober 2009

Type-type Komputer yang pernah ada

1. Mainframe
Sebelum PC dikembangakn, komputer yang dikenal adalah mini komputer dan mainframe (istilah untuk komputer besar). Mainframe adalah komputer besar dan mahal dan digunakan hanya oleh organisasi-organisasi besar.


2. Personal Komputer
Personal komputer atau lebih sering disebut PC mesin kecil cukup untuk disimpan di atas meja yang di pakai perorangan saat ini, terutama di perkantoran. PC sama dikenalnya seperti televisi dan ballpoint. Pemakai PC saat ini berjumlah jutaan orang di selurh dunia. Hal ini menarik sekali karena sampai tahun 1977, PC belum dikenal luas. Sejak pertengahan tahun 1980, PC menjadi lebih murah lagi, lebih simple, lebih kecil, dan lebih powerfull. PC menjadi populer karena kecil dan jauh lebih murah dibandingkan dengan mainframe.

3. Portabel
Sejak PC, berkembang bentuk yang kecil, yang memungkinkanya untuk dibawa-bawa. Bentuk kecil yang mudah dibawa-bawa ini di istilahkan sebagai portable. Portabel yang berbentuk besar hanya seberat 7 Kg. Berat ini sama dengan berat bayi Indonesia berusia 6-8 bulan, sehingga tidak sulit dibawa-bawa. Model yang lama membutuhkan listrik, sehingga tidak dapat dinyalakan bila tidak terdapat outlet listrik.


4. Notebook
Komputer notebook seberat 3 Kg, sangat bermanfaat untuk pemakai yang ingin menulis surat, melakukan perhitungan, dan membuat catatan di perjalanan. Posisi keyboard yang sangat kecil seringkali menjadi halangan untuk mengoperasikannya. Notebook menggunakan baterai yang dapat diisi ulang dengan kemampuan nyala rata-rata mencapai 3 jam.



5. Palmtop
Palmtop adalah komputer sebesar telapak tangan Palmtop sekarang ini mampu mengerjakan Spreadsheet (pengolahan data tabular), database (basis data), dan word procesing (pengolah kata), catatan dan sketsa dapat digambarkan pada layar dengan menggunakan pena. Khusus dan dikonversi menjadi teks dan diagram. Palmtop sering disebut juga PDA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar