Jumat, 16 Oktober 2009

Pemilihan Hardware

Dalam merakit sebuah komputer, ada beberapa pertimbangan yang ibutuhkan, permintaan tersebut antara lain :


Application

Aplikasi yang akan digunakan merupakan pertimbangan dalam merakit sebuah komputer. Peralatan komputer yang digunakan untuk aplikasi office akan sanat berbeda, jika digunakan untuk aplikasi grafis. Hal ini akan sangat mempengaruhi performansi kompuer pada saat menjalankan aplikasi tersebut.


Budgeting

Hal lain yang sangat mempengaruhi adalah biaya (budget) peralatan komputer yang mahal belum tentu menjamin kepuasan pengguna komputer. Apalagi bagi suatu perusahaan yang memiliki anggaran terbatas, satu peralatan komputer yang harganya tidak seberapa, akan menjadi mahal jika dalam jumlah yang sangat besar. Seorang PC suport harus yang baik dapat mengalokasikan kebutuhan peralatan komputer yang digunakan.


Compatibility

Masalah kompabilitas peralatan komputer tidak akan terlalu berpengaruh jika menggunakan komputer build-in. Vonder komputer jenis ini, telah menjamin bahwa performansi peralatan yang mereka gunakan telah diuji sehingga tidak akan menjadi konflik pada peralatan yang mereka gunakan, namun akan berbeda jika kita menggunakan komputer yang dirakit sendiri. Dibutuhkan sedikit pengetahuan mengenai peralatan yang digunakan, agar pada saat digunakan tidak terjadi konflik peralatan sehingga membuat berkurangnya performansi komputer yang kita gunakan.


Maintenance

Lama penggunaan dalam satu hari akan menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan peralatan yang digunakan. Garansi dari vendor peralatan komputer merupakan hal yang sangat penting dalam pemilihan peralatan komputer yang akan digunakan. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari agar peralatan komputer yang digunakan memiliki daya tahan (reability) yang baik. Umumnya peralatan yang memiliki kualitas yang kurang baik (reforbis) memiliki masa garansi yang lebih pendek dibandingkan peralatan dengan kualitas yang baik.


Scalability

Komputer merupakan perangkat elektronik yang memiliki perkembangan teknologi yang pesat. Pengguna perangkat komputer yang sudah dicontinued (tidak di produksi lagi) akan menyulitkan pengguna dalam meningkatkan performansi komputer di masa mendatang.


Contoh :

Teknologi SDRAM saat ini sudah mulai diganti dengan teknologi DDRRAM. Jika digunakan mainboard yang tidak mendukung pengguna DDRAM, maka pada saat penambahan memory komputer harus dilakukan penggantian mainboard sekaligus untuk menambah memory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar