Kamis, 15 Oktober 2009

DISK

Untuk menyimpan data yang hilang pada RAM bila komputr dimatikan. Maka deperlukan perekaman ke disk.
Magnetic disk berbentuk pipih bulat terbuat dari metal atau plastik, berlapis bahan magnetic. Data yang disimpan pada RAM dalam bentuk pulsa dan non-pulasa. Sedangkan data yang terekm pada disk disimpan. Dalam magnetic dan non-magnetic
Disk drive adalah perangkat untuk memutar disk sementara read / write head membaca ataupun menuliskan data ke disk. Terdapat dua jenis disk, yaitu floppy disk dan harddisk.

Floppy disk
Floppy disk terbuat dari plastik, biasanya terbungkus dengan jaket plastik, jadi floppy sama sekali tidak terlihat. Floppy disk merupakan salah satu media penyimpanan yang telah lama digunakan dalam teknologi komputer.
 5,25 inchi, kapasitas 360 kb-1,2 mb.
 3,5 inchi, kapasitas 720 kb-1,4 mb

Pita Magnetic
Data juga dapat disimpan pada pita seperti musik pada kaset seperti halnya disk, pita berlapis oksida besi. Kaset lebih murah dari disk, tapi bergerak lebih lambat untuk mendapatkan data pada pita maka pita akan bergerak sekuen sampai data didapatkan oleh karenanya, pita menjadi lebih lambat dibandingkan dengan disk.

Kapasitas
Jumlah data disimpan pada memory k tersebut, sebagai kapasitas penyimpanan adalah megabyte (mb) atau 1.048.576 byte dan gigabyte (gb) atau 1024 mb. Saat ini kapasitas disk semakin besar.

Dewasa ini teknologi harddisk telah dapat mencapai kapasitas lebih dari 40 gb dengan kecepatan lebih dari 7200 rpm.
Performasi suatu harddisk dapat diukur melalui komponen-komponen berikut :
Average seektime
waktu rata-rata yang dibutuhkan disk untuk mencari lokasi dari suatu track tertentu di dalam disk.

Average latency
waktu rata-rata yang dibutuhkan disk untuk memutar headsdisk ke suatu sektor disk yang akan dibaca. Average latency umumnya di pengaruhi oleh kecepatan putaran dari piringan disk.

Average acces time
waktu rata-rata yang dibutuhkan disk untuk mendapatkan suatu data dari sektor tertentu. Nilai ini merupakan penjumlahan dari average seektime dan average latency.

Data transfer Rate
kecepatan dari suatu harddisk untuk membaca suatu data dihitung dari saat headdisk akan mulai membaca (atau menulis) suatu data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar