Jumat, 16 Oktober 2009

Sejarah Berkembangnya Harddisk

Sebelum Harddisk Sata yang sekarang kita kenal, sebenarnya ada beberapa generasi harddisk yang berkembang dan melalui taha-tahap pembaharuan untuk menciptakan teknologi harddisk yang lebih baik lagi. di bawah ini saya akan menerangkan beberapa teknologi harddisk sebelum Sata lahir.



ST-506

Peralatan ST-506 disebut sebagai “Device Level” Interface artinya kendali sinyal menjadi beban disk-controller.


IDE

IDE (Intelligent Drive Electronics) atau biasa disebut juga sebagai “AT-BUS” disk dan dikategorikan sebagai “Logic Level” Interface mempunyai intelligent tersendiri seperti menformat traacak dan sector, transfer data, diagnostic routline dan lain-lain tanpa intervensi dari disk-controller.



ESDI

ESDI (Enhanced Small Device Interface) di kembangkan pertama kali oleh maxtor corp. ESDI termasuk sebagai “Device Level” Interface, mempunyai performance yang lebih cepat dibandingakn ST-506, namun seimbang dengan IDE.


SCSI

SCSI ( Small Computer System Interface) sebagai “Logic Level” Interface mempunyai intellijen dalam disk, sehingga mempermudah kerja SCSI-controller. SCSI dapat memberikan ientitas diri menformat dan menginterpresrasikan instruksi yang diberikan CPU. SCSI-controller dapat dihubungkan dengan 8 peralatan sekaligus. Kabel scsi disebut juga sebagai “SCSI-BUS”.

SCSI-2

Standard baru SCSI dengan kecepatan transfer yang sangat tinggi dengan kapasitas yang lebih besar.

Tabel perbandingan transfer data antar disk :

ST-506

IDE

ESDI

SCSI

SCSI-2

0,6 MB/sec

1,2 MB/sec

1,25 MB/sec

4 MB/sec

10 MB/sec



Tidak ada komentar:

Posting Komentar